Kamis, 15 April 2010

kenaikan TDL 2010


http://berita.liputan6.com/ekbis/201003/267001/Tarif.Dasar.Listrik.Naik.Juli.2010

Tarif Dasar Listrik Naik Juli 2010
Arfan Yap Bano
08/03/2010 22:03
Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah diperkirakan akan menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) pada semester kedua 2010. "Ada kemungkinan TDL naik sebesar 15 persen per Juli 2010," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (8/3).

Menurut Menkeu, pemerintah tidak menaikkan TDL pada semester pertama karena masih melihat proses pemulihan ekonomi yang masih berlangsung, maka tugas pemerintah adalah untuk menjaga kemampuan daya beli masyarakat. "Intinya menjaga momentum pertumbuhan yang ada," ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Anggito Abimanyu menyatakan kenaikan TDL itu merupakan rata-rata secara keseluruhan dari semua masyarakat namun bukan berarti TDL untuk masyarakat kurang mampu juga akan naik.

Anggito menambahkan mengenai pemulihan listrik, hal tersebut hingga kini terus dilakukan dan untuk itu pemerintah juga menaikkan margin PLN dari 5 persen menjadi 8 persen.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menambahkan pembahasan kenaikan TDL akan dilakukan dengan DPR terlebih dahulu, untuk itu, pemerintah menjamin TDL tidak akan naik pada semester pertama. Hatta menambahkan, pemerintah juga mempertimbangkan biaya listrik yang terus meningkat maupun daya tahan suplainya.

Pemerintah dalam APBN-P 2010 juga menambah subsidi listrik menjadi Rp 54,5 triliun atau meningkat sebesar Rp 16,7 triliun dari sebelumnya Rp 37,8 triliun. "Subsidi akan diberikan kepada masyarakat menengah kebawah, kalau masyarakat menengah keatas, tidak perlu lagi dikasih subsidi," ujar Hatta.(Ant/AYB)





http://www.antaranews.com/berita/1264674169/2010-pemerintah-rencanakan-kenaikan-tdl

2010, Pemerintah Rencanakan Kenaikan TDL
Kamis, 28 Januari 2010 17:22 WIB | Ekonomi & Bisnis | Bisnis | Dibaca 1197 kali

Jakarta,(ANTARA News) - Pemerintah merencanakan tetapmenaikkan tarif dasar listrik (TDL) sebagai upaya mengurangi subsidi pada 2010.

Dirjen Listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian ESDM J Purwono saat paparan program 100 hari sektor ESDM di Jakarta, Kamis mengatakan, waktu kenaikan masih menunggu saat yang tepat.

"Tapi, dalam tahun ini juga," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah merencanakan besaran kenaikan TDL bagi pelanggan menengah ke atas adalah rata-rata sebesar 15 persen. Sedang, bagi pelanggan kecil, besaran kenaikannya belum ditentukan.

"Pastinya, besaran kenaikan masih mampu ditanggung bagi pelanggan kecil," katanya.

Purwono juga mengatakan, sebelumnya TDL direncanakan mengalami kenaikan pada Januari 2010 namun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah memutuskan penundaan kenaikannya.

"Sebagai konsekuensi, presiden meminta Menkeu menutup subsidi yang dibutuhkan PT PLN," ujarnya.

Purwono juga menambahkan, pemerintah berencana hanya akan memberikan subsidi listrik bagi pelanggan kecil yakni golongan 450 volt ampere (VA) dan 900 VA mulai tahun 2014.

Kebijakan tersebut, lanjutnya, telah disusun dalam "road map" (peta jalan) pengalihan subsidi listrik dari tahun 2010 hingga 2014.

"Pada 2014, pemerintah hanya akan memberikan subsidi bagi pelanggan kecil yakni 450 VA hingga 900 VA. Di luar itu, akan dicabut," katanya.

Menurut dia, penyediaan listrik membutuhkan investasi cukup besar, sementara kemampuan pelanggan kecil terbatas, sehingga pemerintah memutuskan tetap memberikan subsidi bagi konsumen golongan tersebut.

Di sisi lain, lanjutnya, pemerintah tetap meningkatkan pelayanan listrik ke pelanggan.
"Pelanggan kecil selain mendapat subsidi juga pelayanan yang lebih baik," katanya.